Cara Membuat dan Menggunakan WhatsApp API Indonesia

Cara Membuat dan Menggunakan WhatsApp API Indonesia

WhatsApp API Indonesia kini tengah populer dikalangan para pebisnis dan para penggiat penjualan online karena manfaat dan kegunaan yang sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas komunikasi dan pemasaran secara cepat, hemat dan efektif. Selain itu, WhatsApp API mampu memberikan fitur-fitur yang sangat maksimal dalam menunjang proses komunikasi bersama pelanggan.

Cara Membuat WhatsApp API Bisnis

Untuk membuat akun WhatsApp API, anda harus memahami beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Pilih Mitra Official Business Partner WhatsApp

Tentukan Official Business Partner WhatsApp yang ada di Indonesia untuk memperoleh aplikasi dan akun WhatsApp API. Hal ini hanya bisa dilakukan di mitra bisnis WhatsApp yang sudah terpercaya.

  1. Verifikasi Facebook Business Manager Account

Untuk memenuhi syarat verifikasi akun Facebook Business Manager, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan seperti, nama bisnis, tautan URL website bisnis, Email bisnis, dan izin NPWP/NIB/SIUP bisnis. Setelah itu, mitra akan membantu proses pengajuan verifikasi ke pihak Facebook.

  1. Pengisian Nomor dan Profil Akun WhatsApp API

Dalam langkah ini, pastikan bahwa nomor akan selalu dipakai dan tidak diganti dengan yang lain, hal ini karena nomor tersebut akan digunakan dan berlaku untuk selamanya. Kemudian, isilah profil dengan bijak dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan, pastika untuk mengisi seluruh bagian yang ada pada profil.

  1. Penggunaan WhatsApp Api

Setelah semua langkah sudah dilakukan dan dipenuhi, maka WhatsApp API sudah bisa digunakan untuk menunjang aktivitas komunikasi bisnis dan penjualan. Lebih baik untuk menggunakan WhatsApp API Indonesia dengan bijak agar kepercayaan terhadap bisnis atau produk bisa semakin meningkat.

Cara Masuk Pada Akun WhatsApp API dan Cara Penggunaannya

  1. Login di Panel Mitra yang Sudah Dipilih

Sama seperti cara login akun yang lain, cara masuk pada WhatsApp API hanya perlu mengisi Email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya.

  1. Mengatur Fitur Chat Bot dan Auto Reply

Jelajahilah fitur-fitur yang tersedia di WhatsApp API, dengan begitu anda bisa mengatur hal-hal seperti fitur chatbot yang nantinya akan berguna untuk merespon pesan yang masuk secara otomatis. Anda juga bisa mengatur tampilan pesan sesuai dengan keinginan anda sendiri untuk auto reply.

  1. Mengatur Jam Kerja dan Deskripsi Bisnis atau Produk

Anda perlu untuk mengatur jam kerja untuk memberitahu kepada para pelanggan, kapan waktu untuk mengirim pesan dan kapan jam tutup atau jam istirahat para admin yang mengelola.

  1. Melakukan Pertukaran Pesan dan Mengirim Pesan Blast

Fungsi utama dari WhatsApp API adalah sebagai media komunikasi bisnis dan penjualan antar pemilik bisnis atau penjual dengan para pelanggan. Maka gunakan fitur pengiriman pesan melalui chat room dan pengiriman pesan blast dengan bijak

Itulah langkah-langkah untuk membuat akun WhatsApp API Indonesia, dan bagaimana cara untuk menggunakannya. WhatsApp API ini memang sangat membantu secara efektif dalam aktivitas bisnis, sehingga sangat rekomendasi untuk para pebisnis dan penjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *