Varian Macam Commercial Mixer Yang Sesuai Untuk Berbagai Jenis Adonan

Varian Macam Commercial Mixer Yang Sesuai Untuk Berbagai Jenis Adonan

Dalam pembuatan adonan tentu diperlukan alat pengaduk bahan agar tercampur sempurna yaitu mixer. Dari berbagai macam mixer yang digunakan untuk mencampur adonan, tentu memiliki fungsinya masing-masing. Agar tepat dalam penggunaannya, berikut ini merupakan jenis-jenis commercial mixer sesuai dengan fungsinya.

  • Mixer sederhana jenis whisk

Mixer whisk adalah jenis mixer tangan dengan bentuk paling sederhana. Dalam penggunaannya, mixer ini sangat tepat untuk mengaduk adonan dalam kapasitas yang kecil. Materialnya terbuat dari kawat dengan ukuran yang tebal namun lentur dengan bentuk susunan oval menyerupai balon udara. Mixer ini cocok untuk mengaduk adonan seperti krim, telur dan berbagai adonan ringan dengan volume kecil.

  • Mixer genggam atau hand mixer

Hand mixer merupakan jenis mixer roti yang bisa dikategorikan sebagai pengaduk adonan yang modern dan banyak digunakan di rumah tangga. Bentuknya yang sangat fleksibel membuat mixer ini sangat digemari karena mudah digunakan untuk mengaduk adonan. Mempunyai ukuran yang kecil mungil dan ketika digenggam terasa nyaman di tangan.

Secara sekilas, mixer ini sangat ringkas dan praktis dengan penggunaan yang fleksibel. Dengan daya penggerak rotor menggunakan daya dari sumber listrik. Banyak keunggulan yang diperoleh dari mixer ini seperti bisa menentukan kecepatan putaran dan dapat mengatur posisi adonan dengan gerakan manual. 

  • Mixer jenis horizontal atau dough mixer

Commercial mixer jenis ini bisa dibilang unik karena memiliki beater yang terpasang dengan posisi horizontal dan beda dengan mixer lainnya. Bekerja dengan putaran pengaduk satu arah menggunakan daya dari listrik dengan putaran kecepatan yang bisa disesuaikan. Mempunyai tutup di bagian atasnya untuk memasukkan bahan yang akan dicampur lalu mengeluarkan adonan yang telah tercampur.

Penggunaan mixer ini secara umum untuk adonan yang memiliki tekstur keras. Adonan tersebut dapat diaduk secara merata menggunakan dough mixer agar tercampur lebih sempurna dan merata. Jenis mixer ini banyak digunakan oleh para pengusaha yang memiliki bisnis pembuatan mie.

  • Pengaduk adonan jenis stand mixer

Stand mixer merupakan salah satu inovasi dari pengembangan jenis hand mixer. Bisa dibilang mixer ini menutupi segala kekurangan dari mixer genggam. Sangat mudah digunakan karena tidak perlu capek untuk menggenggam saat menggunakannya. Mesinnya digerakkan dengan daya dari sumber listrik dengan kecepatan putaran yang dapat disesuaikan. 

  • Pengaduk dengan sistem ganda atau spiral mixer

Sesuai dengan namanya, mesin mixer memiliki pengaduk adonan yang bekerja dengan menerapkan sistem ganda. Dikatakan sistem ganda sebab memiliki beater dengan bentuk yang spiral dengan mangkuk adonan yang bergerak dan berputar berlawanan dengan arah beater. Dengan demikian tekanan pada adonan akan menjadi lebih besar dan kuat.

  • Pengaduk adonan jenis planetary mixer

Commercial mixer ini memiliki gerakan pengaduk adonan yang menyerupai rotasi planet bergerak mengitari matahari. Bekerja dengan beater yang dudukannya berputar secara rotasi dengan mangkuk adonan yang juga berputar secara berlawanan. Mixer ini sangat cocok diaplikasikan untuk mengaduk adonan yang berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *