Apakah E-commerce yang Terintegrasi dengan Sistem ERP Dapat Memberikan Keuntungan?

Apakah E-commerce yang Terintegrasi dengan Sistem ERP Dapat Memberikan Keuntungan?

Di zaman sekarang, segala kemajuan teknologi sudah dapat dirasakan atau dinikmati secara massal. Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut dapat berfungsi untuk memudahkan segala kegiatan setiap orang di bidang apapun. Salah satu kemajuan teknologi yang dapat dirasakan banyak orang saat ini ialah pelayanan e-commerce atau layanan jual beli secara daring atau online. Layanan e-commerce ini telah digunakan banyak orang karena kemudahan yang ditawarkan dari layanan tersebut cukup menarik minat dari banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk berbelanja secara daring atau online dibanding harus berjalan mengunjungi toko fisik untuk membeli sebuah produk yang diinginkan. Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari e-commerce sebenarnya tidak terlepas dari sistem yang terintegrasi dengan e-commerce tersebut. Sistem itu ialah ERP. Saat ini sudah dilakukan integrasi ecommerce dan ERP.

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sistem yang berbentuk aplikasi program. Sistem ini sangat berguna untuk proses perencanaan serta pengelolaan yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce. Sistem ERP ini berfungsi untuk mengintegrasikan data-data yang terklasifikasi menjadi suatu satu kesatuan, semisal data dari bidang penjualan, pengiriman dan lain-lain dapat dijadikan menjadi satu agar lebih mudah untuk dipantau secara bersamaan walaupun dalam pengelolaannya dapat dilakukan secara terpisah. Sistem ERP ini juga berguna untuk mengaktualisasikan data yang masuk dari proses penjualan, pengiriman dan lain-lain. Pembaruan data tersebut dilakukan secara otomatis dan tak akan terduplikasi sehingga data yang masuk pasti akan akurat. Sistem ERP benar-benar sangat membantu perusahaan e-commerce yang memakai sistem ini untuk menghitung berapa jumlah transaksi yang telah dilakukan, hasil penjualan yang telah masuk dan lain-lain sehingga lebih efisisen dan tidak perlu didata lagi secara manual. ERP juga membuat sistem kerja dalam perusahaan e-commerce lebih terstruktur sehingga tidak tergantung dengan individu tertentu.

Hal-hal di atas adalah keuntungan bila layanan e-commerce terintegrasi dengan sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Segala kegiatan usaha yang ada dalam perusahaan e-commerce tersebut akan menjadi lebih terstruktur, efisien, dan efektif, sehingga pelayanan terhadap konsumen pun akan menjadi lebih maksimal dan lebih memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *