Apa saja Fungsi Dari Komponen Genset

Apa saja Fungsi Dari Komponen Genset

Genset adalah sebuah mesin yang terdiri pembangkit listrik dengan memiliki mesin penggerak dan berfungsi untuk menghasilkan tenaga listrik dengan besaran-besaran tertentu. Genset juga adalah akronim dari generator set. Mesin ini biasanya akan melakukan pembakaran internal atau menggunakan bahan bakar dari solar atau bensin sebenarnya prinsip kerja dari generator adalah mengubah energi listrik ke energi listrik. Di dalam genset terdapat beberapa komponen dengan fungsi yang berbeda. komponen ini biasanya akan berkaitan satu sama lain dan juga bisa jadi sumber jika terjadi kerusakan. Komponen genset bisa berupa mesin, charger baterai, alternator dan lain-lain. 

Mesin

Mesin adalah komponen utama yang ada di generator. Mesin berfungsi sebagai sumber energi input untuk generator. Bahan bakar yang biasa digunakan pada generator agar mesin bisa dihidupkan, bahan bakarnya bisa berupa bensin, gas atau bahkan solar. Bensin biasanya berfungsi untuk generator yang memiliki kapasitas lebih kecil sedangkan jika generator menggunakan bahan bakar seperti bensin dan solar, itu digunakan untuk mesin dengan kapasitas lebih besar. 

Baterai

Generator akan berfungsi karena memiliki komponen genset lainya seperti baterai. Daya didapat dari baterai yang ada pada generator. Hidup atau matinya generator akan bergantung pada baterai yang secara otomatis akan langsung di charge. 

Alternator

Komponen selanjutnya adalah alternator. Pada mesin dapat menghasilkan listrik yang kemudian didapat dari alternator. Alternator ini mempunyai dua komponen yaitu setor dan rotor. Dua komponen ini biasa disebut dengan amature yang bekerja pada generator tersebut. Rotor juga berfungsi untuk menghasilkan magnet pada genset untuk bergerak. Alternator juga terlihat seperti perakitan bagian dan juga terbungkus di dalam perumahan. Ini juga yang akan menghasilkan listrik. 

Voltage regulator 

Di Dalam genset terdapat komponen lainnya yaitu voltage regulator, ini berfungsi untuk mengatur besarnya tegangan yang ada pada generator. ini akan mengatur kestabilan tegangan. Jika listrik tidak stabil maka alat tersebut mungkin saja tidak akan berfungsi. 

Exhaust cooling 

Komponen penting yang ada di genset adalah exhaust cooling. Setiap genset atau mesin akan menghasilkan panas, jika panas tersebut tidak didinginkan maka akan berdampak buruk pada mesin generator. untuk melepaskan panas ini maka akan dilakukan pembuangan gas bisa melalui radiator atau kipas. Komponen ini juga akan berfungsi untuk ventilasi yang dapat menghilangkan panas tersebut. 

Control panel 

Komponen terakhir adalah control panel dan berfungsi untuk mengontrol outlet listrik. ini juga akan menjadi alat yang dijadikan pengaturan pada generator. 

Frame 

Komponen genset selanjutnya adalah bagaimana desain atau kerangka utama yang ada di genset. Kerangka utama atau frame juga harus memastikan bahwa generator akan akan dan juga harus memiliki grounding. Ini akan menjaga keselamatan bagi para pengguna genset. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *